Jangan Berpikir Begitu, Tapi Berpikirlah Memang Begitu

Photobucket Photobucket

Statistik Pengunjung

22.45 | Posted in


Programming

Saat ini marak dengan perkembangan dari bahasa bahasa pemrograman yang berjenis OOP, sebut saja JAVA, .Net, dan lainnya. Dan perkembangan dari OOP itu sendiri juga diikuti dengan OOAD(Object Oriented Analysis Design) nya. OOAD digunakan atau sebagai tools saat merancang sebuah sistem, sedangkan OOP digunakan untuk merancang sebuah program.

Sebelum OOP muncul, teknik pemrograman sebelumnya di kenal dengan Prosedural dan sebelum prosedural mungkin saya katakan dengan pemrograman tradisional. Nah apa yang dimaksud dengan istilah istilah yang saya sebutkan tadi ?

Tradisional Programming, yaitu program yang dirancang tanpa menggunakan prosedur dan fungsi, dalam artian program akan mengalami penggelembungan kode kode program/perintah. Tentu saja hal ini akan sangat membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatannya serta membutuhkan memori yang sangat besar, karna perintah yang telah di tuliskan akan terus di tuliskan kembali, tanpa memikirkan perintah yang pernah di tuliskan sebelumnya.

Pemrograman Terstruktur, yaitu program yang dirancang secara terstruktur, baik pemakaian variabel, penggunaan perintah maupun fungsi dan procedure yang di pakai. Dalam pemrograman terstruktur penggunaan istilah GO TO di larang, karna dengan adanya perintah GO TO, maka jalannya program sangat sulit, karna terkesan memaksakan alur logika program, padahal struktur kendali ada Perbandingan dan Perulangan.

Prosedural Programming, yaitu program yang di rancang tersebut harus mengikuti aturan aturan, didalam mendapatkan hasil yang diinginkan. Misalnya jika kita ingin mendapatkan data mahasiswa pada Database Mahasiswa, kita menggunakan program Visual Basic maka perlu puluhan perintah untuk membuka database, melakukan koneksi, dan mendapatkan data mahasiswa yang kita inginkan.

Nah kemudian muncul kembali istilah Non Prosedural Programming, ini setelah munculnya perintah SQL (Structured Query Language), dimana penulisannya kompatibel/cocok untuk bahasa bahasa yang menfasilitasi dengan perintah SQL, sebut saja mulai dari VB, Delphi, Foxpro, C#, .NET, PHP, ASP dan lainnya deh.. :D . Lihat saja perintah berikut ini SELECT * FROM MAHASISWA WHERE NPM=’0911001′ ; Saat dijalankan maka akan menghasilkan record mahasiswa dengan NPM 0911001, TANPA PERLU PROSEDUR kan ?

Nah yang terakhir muncul saat ini yaitu OOP, Object Oriented Programming.
OOP ini menerapkan beberapa konsep, yaitu :

a) Enkapsulasi(Pembungkusan)
Pelindung program dan data yang sedang diolah. Dasar enkapsulasi pada java yaitu Class.

b) Inheritansi (Pewarisan)
Memungkinkan objek-objek yang saling terhubung dapat melakukan pewarisan sifat.

c) Polimorfisme (Perbedaan Bentuk)
Penyamaran, dimana satu bentuk dapat memiliki lebih satu bentu Satu aksi/tindakan yang sama tetapi di dalam proses memiliki perbedaan

Saat ini kenapa Java, .NET dikatakan telah OOP, mudah saja jawabannya. Lihat saja struktur penulisan perintah/kode dari bahasa tersebut. Sangat berbeda sekali dengan VB, hehehe :D ya iyalah. Maksudnya pada JAVA, .NET, pasti selalu di awali dengan sebuah CLASS. Nah pernah memprogram dengan C++ ? Sejarahnya C++ tersebut dikatakan merupakan OOP tetapi OOPnya ya harus di buat dong, bukan struktur perintahnya yang harus di buat menyerupai OOP, gitu maksudnya, jadi bukan tidak bisa PASCAL, C++, VB itu menggunakan OOP, bisa, TETAPI yah struktur perintahnya harus di rancang dulu dong mengarah ke OOP, bukan seperti Java, .NET yang nota bene memang sudah OOP, :D hehe

Demikianlah artikel mengenai teknik pemrograman yang sering di temui, mohon maaf penulis menulis artikel ini tidak disertakan sumber yang jelas, karna penulis menyimpulkan sendiri tulisan diatas setelah dari tahun 1996 melakukan pemrograman mulai dari BASIC, PASCAL, COBOL, CLIPPER, FORTRAN, C/C++, VB, DELPHI, PHP, VB.NET, JAVA.

Mohon ma’af jika terdapat suatu teknik yang terlupakan, mohon saran dan masukkan dari pembaca sekalian.


Category:
��

Comments

0 responses to "Programming"

Buku Tamu