Jangan Berpikir Begitu, Tapi Berpikirlah Memang Begitu

Photobucket Photobucket

Statistik Pengunjung

07.13 | Posted in


Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari computer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem, orang hanya dapat mengoperasikan komputer dengan mengunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, munculnya sistem operasi yang menyediakan lingkungan untuk mengoperasikan komputer secara lebih nyaman. Pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing.
Pengertian sistem operasi secara umum yaitu pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer.
Sistem operasi mempunyai tiga sasaran utama yaitu:
1. Kenyamanan, membuat penggunaan komputer menjadi lebih nyaman.
2. Penggunaan sumber daya sistem komputer secara efisien.
3. Sistem operasi harus dibangun sehingga memungkinkan dan memudahkan pengembangan, pengujian serta pengajuan sistem-sistem yang baru.
Sistem operasi adalah bagian yang sangat penting bagi semua sistem komputer. Secara umum, sistem komputer terbagi atas hardware, sistem operasi, program aplikasi, dan user. Hardware terdiri atas CPU, memori dan I/O device yang merupakan resources dasar. Program aplikasi berisi compiler, basis data, games dan program-program bisnis, yang merupakan alat dimana resource-resource akan diakses untuk menyelesaikan masalah user.

Category:
��

Comments

0 responses to "Sekilas Tentang Sistem Operasi"

Buku Tamu