Jangan Berpikir Begitu, Tapi Berpikirlah Memang Begitu

Photobucket Photobucket

Statistik Pengunjung

21.25 | Posted in



Kriptografi adalah seni bagaimana menyembunyikan pesan sehingga pesan tersebut hanya dapat dibaca oleh orang yang dituju. Kriptografi sendiri ternyata adalah ilmu yang sudah cukup tua karena telah digunakan sejak dari zaman dahulu tentunya dengan metode yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan metode yang digunakan saat ini.

Pada masa lalu untuk mengirimkan pesan rahasia seseorang akan mengacak pesan yang ia kirimkan dan menggunakan sebuah kunci atau kode tertentu yang dimana dengan kunci ini pesan tersebut dapat dibaca. Tentu saja dengan metode seperti ini tingkat keamananya berada tentang bagaimana kita mengenkripsi pesan yang kita kirimkan dan bagaimana pengamanan dari proses pengiriman kunci yang kita lakukan.

Pada masa saat ini kriptografi sendiri bekerja tidak lagi dengan penggunaan subtitusi sederhana kararakter tapi terlebih lagi menggunakan operasi bit atau byte pada karakter yang akan dienkrispi. Sehingga hasil yang diperoleh dari hasil enkripsi sangat sulit untuk dipahami.

Berdasarkan pembagiaannya pada saat ini maka kriptografi terbagi menjadi algoritma simetri dan asimetri, dan algoritma simetri ini terbagi lagi menjadi stream chiper atau block chiper. Pada masing-masing ada karakteristiknya sehingga terdapat kekurangan dan kelebihan dan penggunaan yang tepat pada waktu penggunaan.

Category:
��

Comments

0 responses to "Berkenalan dengan Kriptografi"

Buku Tamu